Senin, 13 Juni 2011

PENTINGNYA STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR


 PENTINGNYA STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
A. PENDAHULUAN

Pembelajaran merupakan terjemahan kata instruction mengandung makna tidak hanya ada dalam konteks guru – murid di kelas formal, akan tetapi juga meliputi kegiatan belajar mengajar yang tidak dihadiri oleh guru secara fisik, dan dalam kata pembelajaran ditekankan pada kegiatan belajar siswa melalui usaha-usaha yang terencana dalam memanipulasi sumber-sumber belajar agar terjadi proses belajar mengajar. Kegiatan pembelajaran merupakan bagian yang paling penting dalam implementasi kurikulum. Untuk mengetahui apakah pembelajaran itu efektif atau efisien, dapat diketahui melalui kegiatan pembelajaran. Untuk itu pengajar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran seyogyanya tahu bagaimana membuat kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Ciri utama kegiatan pembelajaran adalah adanya interaksi. Interaksi yang terjadi antara siswa dengan lingkungan belajarnya, baik dengan guru, teman-temannya, tutor, media pembelajaran, dan sumber-sumber belajar lainnya. Ciri lain dari pembelajaran adalah merupakan suatu system, yang di dalamnya terdapat komponen-komponen sebagai berikut: tujuan, materi / bahan ajar, metode pengajaran, media, evaluasi, siswa dan guru. Strategi dan metode pengajaran merupakan salah satu komponen di dalam system pembelajaran, tidak dapat dipisahkan dari komponen lain yang dipengaruhi oleh factor-faktor, antara lain: tujuan pembelajaran, materi ajar, peserta didik / siswa, fasilitas, waktu dan guru.
B. STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN

Seperti telah diuraikan di atas, strategi pembelajaran dipengaruhi oleh factor-faktor lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pembelajaran adalah: tujuan pembelajaran, materi ajar, peserta didik / siswa, fasilitas, waktu, dan guru. Metode dan teknik di dalam kegiatan belajar mengajar bergantung pada tingkah laku yang terkandung di dalam rumusan tujuan pembelajaran. Oleh karena itu metode dan teknik pengajaran yang digunakan untuk tujuan yang menyangkut pengetahuan akan berbeda dengan metode dan teknik untuk tujuan keterampilan atau sikap. 2
Contoh: (1.) tujuan-tujuan yang menyangkut aspek pengetahuan ( siswa dapat menjelaskan cara penggunaan kosakata atau kalimat bahasa Jepang) (2) tujuan yang menyangkut aspek keterampilan (siswa dapat menggunakan kosakata atau pola kalimat bahasa Jepang dengan benar), (3) tujuan yang menyangkut dengan sikap (siswa menyadari pentingnya pengetahuan cara pemakaian kosakata atau kalimat bahasa Jepang dengan benar. Untuk tujuan yang pertama yaitu aspek pengetahuan dapat digunakan Tanya jawab dan diskusi. Untuk tuan kedua yaitu aspek keterampilan tentu saja perlu dipraktekkan bagaimana cara pemakaian kosakata atau pola kalimat bahasa Jepang baik secara lisan maupun dalam bentuk tulisan.Untuk tujuan ketiga, aspek sikapperlu memilih strategi yang lebih tepat, termasuk membiasakan pemakaian yang baik dan benar serta contoh dari guru. Beberap factor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan strategi pembelajaran;
a. Faktor tujuan

Tujuan pengajaran menggambarkan tingkah laku yang harus dimiliki siswa setelah proses belajar mengajar selesai dilaksanakan.Tujuan merupakan factor yang paling pokok, karena semua factor yang ada di dalam situasi pembelajaran termasuk strategi dan metode pengajaran, diarahkan dan diupayakan untuk mencapai tujuan.
b. Faktor materi

Dilihat hakekatnya, materi pembelajaran memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Karakteristik materi pembelajaran membawa implikasi terhadap penggunaan cara dan teknik dalam kegiatan belajar mengajar. Atas dasar inilah maka setiap bidang studi atau mata mata pelajaran memiliki strategi yang berbeda dengan mata pelajaran lain, sehingga muncul metodik khusus mata pelajaran, seperti metode khusus Matematika, metode khusus, IPS, metode khusus Bahasa.
c. Faktor Siswa

Siswa sebagai pihak yang berkepentingan di dalam proses belajar Mengajar, sebab tujuan yang harus dicapai dalam kegiatan belajar mengajar adalah untuk mengubah prilaku siswa itu sendiri. Oleh karena itu sangat tidak bijaksana bila proses belajar mengajar tidak didasarkan kepada factor siswa itu sendiri. Strategi, metode dan teknik pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, bergantung pada keadaan siswa.Maka dari itu perlu dipertimbangkan: 1) siswa sebagai keseluruhan, 2) siswa sebagai pribadi sendiri, 3) tingkat perkembangan siswa. 3

d. Faktor Waktu

Faktor waktu dibedakan menjadi dua bagian, yaitu menyangkut jumlah waktu dan kondisi waktu. Hal yang menyangkut jumlah waktu ialah berapa lama waktu yang tersedia untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar untuk satu mata pelajaran. (menit atau jam). Hal yang menyangkut dengan kondisi waktu ialah kapan atau pukul berapa pelajaran tersebut dilaksanakan (pagi, siang, atau malam).
e. Faktor Guru

Faktor guru adalah salah satu factor yang memegang peranan penting diantara factor-faktor yang ada. Pertimbangan semua factor tersebut diatas akan sangat bergatung kepada kreativitas guru. Dedikasi dan kemampuan gurulah yang pada akhirnya mempengaruhi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.


Persoalan sistem mana yang terbaik adalah selalu merupakan persoalan nisbi. Setiap orang selalu memiliki sisi pandang yang berbeda. Namun segalanya akan nampak secara riil ketika semua mata mau menengok hasil yang diperoleh dari masing-masing sistem terhadap anak-anak bangsa mereka dengan memberikan kesempatan yang sama dan menuntun mereka untuk meraih status pendidikan setinggi-tingginya dengan kelayakan sebagai tenaga kerja yang profesional di bidangnya, pengakuan internasional (bilamana diperlukan), menguasai teknologi informasi, dan siap menghadapi persaingan dunia global.
Berikut ringkasan dari sistem pendidikan masing-masing negara:
A. Malaysia
Sistem pendidikannya bermula dari Pra-Pendidikan Dasar, Pendidikan Dasar 6 tahun dengan pembedaan antara sekolah anak Melayu dan sekolah anak etnis Cina dan Tamil (Sekolah Tipe Nasional), tambahan 1 tahun kelas transisi untuk Sekolah Tipe Nasional untuk penguasaan bahasa Melayu, Pendidikan Menengah Bawah 3 tahun, Menengah Atas 2 tahun dengan pilihan jalur Akademis dan Teknik-Kejuruan, Pasca-Pendidikan Menengah 1-2 tahun untuk persiapan memasuki jenjang Pendidikan Tinggi, dan terakhir adalah Pendidikan Tinggi dengan berbagai sertifikasinya.
B. Singapura
Dimulai dengan Pra-Pendidikan Dasar 3 tahun untuk anak usia 3-6 tahun, kemudian berlanjut dengan Pendidikan Dasar 6 tahun dengan 4 tahun pendasaran dan 2 tahun pengarahan kepada satu dari tiga klasifikasi kemampuan akademis siswa dalam penguasaan Bahasa Inggris, Bahasa Ibu, Matematika, dan Sains.
Pendidikan selanjutnya adalah pendidikan menengah, memberikan tiga
jalur studi yang sesuai dengan kemampuan dan kepentingan belajar siswa, jalur
30
Khusus dan Ekspres ditempuh selama 4 tahun, dan di akhir tahun pendidikan menengah mereka mendapatkan sertifikat tingkat O, sedangkan jalur Normal ditempuh selama 5 tahun, 4 tahun pertama untuk mencapai jenjang sertifikat N plus 1 tahun untuk memperoleh sertifikat O.
Untuk memasuki Pendidikan Tinggi disyaratkan bagi siswa untuk mendapatkan sertifikat tingkat A yang diperoleh dengan mengikuti ujian sertifikasi tingkat A di akhir Pendidikan Pasca-Menengah dengan pilihan Junior Collage selama 2 tahun dan Central Institute selama 3 tahun, keduanya hanya menerima siswa yang mendapatkan sertifikat O. Terdapat pula Institut Pendidikan Teknik (ITE) yang menerima siswa dengan sertifikat O dan N, memberikan pelatihan selama 2 tahun, sedang lulusannya memperoleh sertifikat ITE dan Diploma Insinyur Teknologi Teknik Mesin (TED) selain juga dapat melanjutkan ke Politeknik atau Universitas. Adapun Politeknik menerima siswa dengan sertifikat tingkat O, tingkat A, dan nilai ITE. Lulusannya dapat segera memasuki dunia kerja dan sebagiannya melanjutkan ke Pendidikan Tinggi (Universitas).
C. Brunei Darussalam
Sistem bermula dari Pra-Pendidikan Dasar kemudian berlanjut ke Pendidikan Dasar yang berlangsung selama 6 tahun, untuk siswa yang berminat memasuki Sekolah Arab mengikuti ujian masuk pada tahun 4. berdasar hasil ujian akhir pendidikan dasar maka siswa akan diarahkan kepada jalur yang sesuai dengan kemampuan akademis ke Pendidikan Menengah 4 tahun atau Pendidikan Menengah 5 tahun. Pada tahun 7 dan tahun 8 semua siswa menjalani kurikulum yang sama, kemudian diadakan Penilaian Kemajuan Pelajar di akhir tahun 8 sebagai acuan untuk mengarahkan siswa ke program 4 tahun atau 5 tahun, dan semua siswa yang berhasil melewati ujian akhir di tahun terakhir dari masing- masing program akan memperoleh sertifikat tingkat O.
Institusi Pendidikan Pasca-Menengah memberikan kesempatan untuk memperoleh sertikat tingkat A sebelum akhirnya siswa dapat melanjutkan ke Pendidikan Tinggi.
31
D. Filipina
Sistem Pendidikannya dimulai pada Pra-Pendidikan Dasar dengan berbagai macam programnya untuk usia 3-6 tahun, kemudian Pendidikan Dasar 6 atau 7 tahun, berlanjut ke Pendidikan Menengah 4 tahun dimana tiap tahunnya materi terfokus pada tema atau isi tertentu. Dan pada tahun terakhir Pendidikan Menengah masing-masing sekolah mengadakan ujian untuk memasuki Perguruan Tinggi. Setelah menyelesaikan Pendidikan Menengah, siswa dapat melanjutkan pendidikan mereka Pendidikan Teknik dan Kejuruan selama 2 atau 3 tahun, atau Pendidikan Tinggi (Universitas).
32
DAFTAR PUSTAKA
www.moe.gov.my
www.moe.gov.sg
www.moe.gov.bn
www.deped.gov.ph
www.studyinphilippines.com
www.en.wikipilipinas.org/index.php?title=Philippine_Education_for_All

Tidak ada komentar:

Posting Komentar