Sabtu, 02 Juli 2011

KESAMAAN SUMPAH PEMUDA DENGAN SURAT AR-RUM AYAT 22

SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
- KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
Djakarta, 28 Oktober 1928
Teks Soempah Pemoeda dibacakan pada waktu Kongres Pemoeda yang diadakan di
Waltervreden (sekarang Jakarta)

Dalam Kitab Ar Rum ayat 22 : "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui".

Inilah yang menjadi landasan utama mengapa hampir ada kesamaan antara Al quran dengan hasil cipta Sumpah Pemuda itu sendiri itu yang mengisyaratkan bahwa Al quran benar -benar menjadi sumber segala ilmu dan pengetahuan,kenyataan riil serta komplex Universal implikasi segala dari kehidupan yang baik maupun di anggap tidak baik menurut kaca mata syariah(hukum) terangkum semua di dalam Al quran Nur Karim.Untuk apa memungkiri lagi bahwa sumber pengetahuan berasal dari Kitab ini.
Bukan kah Tuhan sudah memberi sinyalemen kejadian alam untuk di pikirkan kehidupan manusia .Al quran yang menjadi kitab suci bukan hanya sebgai hiasan akan tetapi untuk di kaji kebenarannnya,bukan hanya sebagai doktrinal saja akan tetapi Al quran melingkupi semua permasalahan di bumi serta memberikan solusinya bagi manusia dan kesemestaan alam.
Inilah salah satu arti dari Islam sebagai Rahmattan lil Alamin,ketika keotentikan dan kebenaran Al quran bisa memberikan kebahagiaan,permecahan masalah,sumber pengetahuan seluruh Umat bukan hanya sebagai pemeluknya saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar