Sabtu, 11 Juni 2011

OBSERVASI ANAK Dalam Pendidikan PAUD


OBSERVASI ANAK YANG (+) DAN ANAK


1.permasalahan yang akan di  observasi
Ø      Biodata anak ?
Ø      kegiatan anak dalam belajar  di dalam dan  luar kelas ?
Ø      lingkungan yang mempengaruhi  anak dalam kehidupan
  
  2.Hal – hal yang  di observasi terhadap anak
  
·         cara belajar  anak dan intensitas belajar ?
·         perilaku  anak di dalam dan di luar rumah dan di sekolah ?
·         asupan  gizi terhadap  anak  ?
·         klasifikasi anak beserta tingkat kemauan nya?
·         Lingkungan dan teman sebaya yang mempengaruhi ?

 3.Beberapa hal yang menjadi acuan dan  pengaruh terhadap perkembangan anak

a.keluarga
b.lingkungan atau teman sebaya
     



                                           





BIODATA ANAK


NAMA                          : MUHAMMAD ZHAKI FAUZAN( A)

TGL LAHIR                  : Bandar lampung ,4 mei 2008

Anak ke -                        : 5 dari 5 bersaudara ( anak angkat )

Jenis kelamin                  : laki – laki

Berat badan                     : 25 kg

Alamat                             : Jln.dr.cipto mangun kusumo

Agama                              : islam

Sekolah                             : fitrah insani
Nama orang tua               
    Ayah                             : supriyanto
    Pekerjaan                      : wiraswasta
    Ibu                                : nanik
    Pekerjaan                      : wiraswasta


Biografi anak :
               
    Anak saat umur 2,5 tahun pernah mengalami panas dan terjangkit demam berdarah selama 3 minggu  dan nie awal anak mendapat tekanan –tekanan misalnya  dia harus minum obat ,setiap hari dapat injeksi-injeksi dan setiap hari terkurung dalam ruangan dan setelah umur dia 3 tahun dia mengalami kecelakaan yang mengakibatkan selaput mata nya sobek dan  harus di operasi di beberapa rumah sakit .
                                           
 Kegiatan anak ;
* kegiatan  anak di dalam kelas :

>sangat tidak memperhatikan kepada guru dia asyik dengan kehidupan nya sendiri
Ø      Anakjarang mengerjakan tugas misalnya anak sukar untuk menulis dan mewarnai
Ø      Anak lebih suka bermain dari pada memperhatikan
Ø      Konsentrasi anak hanya 3 menit
Ø      Anak sulit berinteraksi dengan guru

·         Kegiatan anak di luar kelas dan saat dengan kawan :

> anak cenderung untuk melihat temen saja
> anak sukar berinteraksi dengan teman
> anak selalu mengikuti ibu nya
       > anak sulit bersosialisasi
       > anak mau berbagi dengan teman  

·         anak di dalam rumah   :

Ø      anak sulit belajar
Ø      anak jarang belajar
Ø      anak lebih banyak nonton  tv
Ø      anak lebih lebih manja kepada orang tua dan saudara nya
Ø      anak lebih suka bermain dan menjadi diri sendiri

·         kegiatan anak bersaman teman sebaya :

^ anak jarang bermain dengan temen
^ anak lebih suka maen di dalam rumah
^ lebih suka bermain dan mengikuti kakak nya dari pada teman –teman seusianya
^ anak tidak banyak teman karna sering menangis dan merebut milik teman

·         Asupan gizi
   ~ cukup bagus sudah sesuai dengan 4 sehat 5 sempurna
                                           
BIODATA ANAK


Nama                                   : mohamad  thory ( B )

Tempat ,tgl                          : Bandar lampung ,02 januari 2008

Anak ke -                            : 2 dari 2 saudara

Jenis kelamin                       : laki- laki

Berat badan                         :27 kg

Agama                                 : islam

Sekolah                               : Fitrah insani
Nama orang tua                   ;
  Ayah                                 ; yenni tri waluyo
Pekerjaan                             ;pengusaha
Ibu                                       : hartatik
Pekerjaan                             ;  pengusaha




Biografi  anak


   Anak tidak mengalami  apa- apa hanya dia sering bergaul dengan orang dewasa dan mempunyai pendidikan yang lumayan .Anak sangat aktif dan energik


#  kegitan anak di dalam kelas :

 ~ Anak nie mempunyai danya konsentrasi yang lumayan
~ anak mampu mengikuti arahan ibu guru
~ anak tidak terlalu memperhatikan tapi bisa
~ anak kooperatif terhadap guru
~ anak dapat menyelesaikan tugas nya
~ anak menyenangi gambar-gambar dan kurang untuk tulis latin

#  kegiatan anak di luar kelas :

·         anak aktiv dan energik
·         anak sering usil dengan kawan
·         anak banyak bertanya dan ingin tau yang tinggi
  
      #  kegiatan anak dengan teman sebaya :

-          anak suka main dan beramain bersama dengan teman
-          anak suka mengekplor maenannya
-          anak mau berbagi dengan kawan

      #  kegiatan anak di rumah     :

               +  anak setiap hari les privat
               +  anak belajar minimal belajar 30 menit
               +  anak bermain dengan miniatur benda
               +  anak belajar dengan gambar

      # kegiatan anak  dilingkungan  :
      
               () anak bisa dan mampu berinteraksi dengan orang dewasa
        # Asupan gizi
           ~ sudah cukup memiliki 4 sehat 5 sempurna

                                         Permasalahan yang terjadi pada ANAK


     Dapat diambil benang merah bahwa :

          Anak ( A) mememiliki tingkat kecerdasan yang ( - ) dapat di liat dari beberapa hal anak ini memiliki beberapa hal tentang psikologi misalnya anak takut bertemu dengan orang banyak , anak sering takut yang tidak beralasan , anak kurang memiliki daya konsentrasi dan kurang nya motivasi untuk belajar,anak selalu dia turut kehendak nya , anak ini jarang , anak lebih sering melamun ketimbang beraktivitas , anak tidak mau bergaul dengan orang lain,anak sulit menerima hal yang baru.

         Anak  ( B ) memiliki tingkat kecerdasan yang ( + ) dapat di liat dari beberapa hal misalnya anak suka menggambar dan mewarnai . anak mulai bisa berlaku disiplin ,anak mengikuti materi yang di berikan oleh guru nya . anak koperatif terhadap guru ,anak bisa bersosialisasi dengan orang dewasa .

         Kedua anak ini memiliki hal yang berbeda bisa di liat dari hasil penelitian di atas :
 Anak dapat berkembang dengan baik apa bila di dukung dengan berbagai hal mungkin anak (A) tingkat perkembangan tidak dapat maksimal karena orang tua belm sepenuh nya mengetahui tentang perkembangan anak usia dini .Dan untuk anak (B) orang tua telah mengetahui kebutuhan dan perkembangan anak .

KESIMPULAN MASALAH


            1.Anak usia 3 tahun harus mendapatkan pengetahuan sesuai dengan tingkat perkembangan
             2.Anak A memang memiliki kekurangan  seharusnya orang tua mendorong anak dengan beberapa terapi
             3.Anak B memang memiliki kelebihan namun juga jangan terlalu di explor
             4.Anak bukan hanya membutuhkan semua materi namun kasih saying yang paling utama
             5.orang tua jangan terlalu memanjakan anak akan berakibat fatal
            6.anak di beri asupan gizi yang baik
            7. orang berpran aktiv dalam perkembangan anak


             Hal – hal yang mempengaruhi perkembangan anak

·         lingkungan perkembangan
  
menurut chaplin ( 1979: 175 ) mengemukakan bahwa lingkungan merupakan “keseluruhan aspek atau fenomena fisik dan social yang mempengaruhi organisme individu “.

Ø      lingkungan keluarga
    menurut sudardja Adiwikarta (1988: 66-67) bahwa keluarga merupakan unit social terkecil yang bersifat universal ,artinya merupakan suatu system terpancang untuk system sosiallebih besar.

Fungsi –fungsi keluarga :

 ~ fungsi biologis : kebutuhan dasar biologis misalnya a)sandang ,pangan ,dan papan .b)reproduksi . dalam memenuhi kebutuhan pangan , perlu di perhatikan tentang akidah “ halalan thoyyiban”(halal dan bergizi)

~ fungsi ekonomis : surat Al- baqarah :223 yang artinya “dan kewajiban suami memberi makan dan pakain kepada para istri dengan cara yang ma’ruf

~ fungsi pendidikan :ada hadist nya .bahwasanya anak di lahirkan dalam keadan yang fitrah dan orang tua yang menjadikan nya majusi dan nasrani.

~ fungsi socialisasi.

~ fungsi perlindungan .

~ fungsi perlindungan

~fungsi rekreasi .

~fungsi agama di firmankan :” Hai orang-orang yang beriman jagalah
dirimui dan kekuargamu dari siksa api neraka.


Ø      lingkungan sekolah
  
   menurut Hurlock sekolah memainkan peran yang sanagt berarti Dalanm perkembangan anak yaitu : a) para siswa harus hadir kesekolah  ,b)sekolah memberikan pengaruh kpda anak secara dini,c) anak –anak menghabiskan waktu di sekolah dan diruamh dari pada di tempat lain,d)sekolah memberi kesempatan pertam kepada anak untuk menilai diri sendiri.


Ø      kelompok teman sebaya

   dalam teman sebaya sangat berpengaruh di dalam perkembangan anak karena di sini anak bergaul dan mengamati gaya kelompok tertentu dan menjadi sebuah trend untuk mereka misalnya tentang cara berpakaian ,sopan santun,perkumpulan  san kegiatan-kegiatan social . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar